Jangan lelah untuk berbagi sebagai wujud rasa syukur atas nikmat-ALLAH SWT.

29 Nov 2017

PIONIR

Pembukaan PIONIR oleh Wadek I FTIK DR. Wedra Aprison     
 PIONIR (pekan ilmiah, olahraga, seni dan Riset)
Penguasaan bahasa asing sangatlah urgensi pada saat ini. Karenanya himpunan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris berinisiatif membentuk sebuah komunitas yang diberi nama The Pioneers. The Pioneers adalah salah satu komunitas pengembangan bahasa dan karya tulis ilmiah naungan hmj PBI di IAIN Bukittinggi yang berdiri sejak tgl 12 april 2016. Komunitas tersebut memiliki tujuan untuk melakukan pembinaan terhadap seluruh mahasiswa/i IAIN
Bukittinggi dalam bidang bahasa dan karya tulis ilmiah, seperti Debate bahasa inggris, pidato bahasa Arab dan Inggris, story telling, singing, academic writing (penulisan untuk ikut serta konferensi internasional), dan basic English. Tahun ini The Pioneers melakukan pergerakan baru dengan melakukan Open recruitment terhadap seluruh mahasiswa IAIN Bukittinggi yang berasal dari seluruh fakultas. Sekarang The Pioneers memiliki anggota 104 orang yang tersebar dari seluruh fakultas dan 28 orang pengurus yang tersebar dari seluruh fakultas .

Dalam rangka mengaktualisasikan kegiatan, komunitas yang dinaungi oleh HMJ PBI tersebut  menggelar acara seminar public speaking pada (04/11) lalu. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Student Center IAIN Bukittinggi dengan menghadirkan pemateri Hengki Agus Rifa'i SS (President Unit Kegiatan Bahasa Asing) dan Ana Sakinah (Delegasi Pertukaran Pelajar Ke India dan Amerika). Kegiatan yang bertemakan "Berbicaralah! Maka dunia ditanganmu" dihadiri Ketua Jurusan pendidikan bahasa Inggris, Dr. Veni Roza serta wakil dekan 1 FTIK, mahasiswa IBLC (Imam bonjol language community) UIN Imam Bonjol, presiden mahasiswa politeknik pertanian negeri Payakumbuh, ukm K-info politeknik pertanian negeri Payakumbuh serta perwakilan mahasiswa bahasa dari STBA Bukittinggi dan civitas Akademika IAIN Bukittinggi.


Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi Dr.Wedra Aprison pada sambutanya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan komunitas pengembangan bahasa dan karya tulis ilmiah ini, apalagi kegiatan ini berbasis pengembangan bahasa dimana dapat mengembangkan potensi pada diri mahasiswa IAIN Bukittinggi. "Semoga dapat tertular kepada mahasiswa iain Bukittinggi dalam kegiatan pertukaran pelajar di luar negeri"

Hengky Agus Rifa'i menyampaikan materi tentang Public speaking. Beliau mengatakan bahwa menjadi seorang pembicara itu harus mempunyai tekat yang kuat dan memberanikan diri berbicara di depan umum" Sementara Ana Sakinah memberikan motivasi kepada para peserta bagaimana cara bisa ikut serta dan lulus pada kegiatan pertukaran pelajar "jika ingin ikut serta dalam kegiatan pertukaran pelajar. "Harus lah banyak banyak mencari informasi terkait pertukaran pelajar dan harus mampu menguasai bahasa Inggris dan punya motivasi.

Ketua Umum The Pioneers, Gusti Milla Quaidy berharap dengan adanya komunitas ini, nantinya akan mengembangkan bakat-bakat mahasiswa/i dalam bidang bahasa dan tulisan untuk kegiatan konferensi internasional. "Ini sebagai wujud persiapan dalam kegiatan PIONIR (pekan ilmiah, olahraga, seni dan Riset)  yang diadakan oleh kementerian agama 2 tahun kedepan dan juga kegiatan debat bahasa inggris se-Sumatera (SOVED)  yang akan diadakan di Sumatera Utara pada tahun 2018."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar