IAIN BUKITTINGGI
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
SILABUS MATA KULIAH
1.
Identitas Mata Kuliah
Nama Mata kuliah : Computer Assisted Language Learning (CALL)
SKS : 2
Dosen : Syahrul, S.S. M.Pd
Program Studi : PBI
Pra-syarat : CALL
Preparation, Media Pembelajaran dan Instructional Design
Semester : 6
2.
Deskripsi mata kuliah
Mata kuliah ini merupakan matakuliah wajib yang
berkaitan dengan pemanfaatan berbagai macam software untuk mendukung proses
pembelajaran baik yang sifatnya otonomi bagi siswa maupun yang akan digunakan
oleh pengajar. Untuk materi-materi pembelajaran berbasis komputer, mereka
dibekali pengetahuan karakteristik setiap software pendukung (hot potatoes,
wondrshare and auto play media studio) sehingga dalam pembuatan dan
penggunaannya sesuai dengan 4 skill dan 3 komponen bahasa yang diexplorasi.
3.
Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami konsep CALL, menganalisa karakteristik
software pendukung kemudian mampu merencanakan dan merancang program pembelajaran
Bahasa Inggris berbasis Komputer
4.
Indikator Kompetensi
·
Menjelaskan hakekat dan urgensi
CALL
·
Menganalisa karakteristik
software
·
Memilih dan memutuskan software
yang tepat
·
Merancang dan membuat program
pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer
5.
Uraian Pokok Mata Kuliah
Pertmn
|
Pokok
Bahasan
|
Sub-Pokok
Bahasan
|
1
|
Pengantar
|
Silabus dan
Kontrak Belajar
|
2
|
CALL
|
Definisi dan cakupan CALL
Sejarah CALL
Urgensi CALL dalam pembelajaran Bahasa
|
3
|
Hot Potatoes - JQuize
|
·
Karakteristik
J.Quize
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan J-Quize
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan J.Quize
|
4
|
Hot Potatoes – J.cloze and J.Cross
|
·
Karakteristik
J.Cloze and J.Cross
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan J.Cloze and J.Cross
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan J.Cloze
|
5
|
Hot Potatoes – J.Match and J.Mix
|
·
Karakteristik
J.Match and J.Mix
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan J.Match and J.Mix
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan J.Match and J.Mix
|
6
|
Wondershare - True-false
|
·
Karakteristik
True-false
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan true-false
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan True and False
|
7
|
Wondershare - multiple respond and - multiple choice
|
·
Karakteristik
multiple respond & - multiple choice
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan multiple respond & -
multiple choice
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan multiple respond & -
multiple choice
|
8
|
MID TEST
|
·
|
9
|
Wondershare - matching and sequence
|
·
Karakteristik
matching and sequence
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan matching and sequence
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan matching and sequence
|
10
|
Wondershare - click map
|
·
Karakteristik
click map
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan click map
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan click map
|
11
|
Membuat Tutorial Pembelajaran dengan
Camtasia
|
·
Karakteristik
Camtasia
·
Penggunaan
Camtasia untuk pembelajaran Bahasa
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan camtasia
|
12 – 15
|
Auto Play Media Studio
|
·
Karakteristik
Auto Play Media Studio
·
Pemilihan
Skill dan komponen bahasa yang sesuai dengan Screen capture
·
Prosedur
dan proses pembuatan materi CALL dengan menggunakan software ini
·
Merancang
dan Mengabung materi dengan Autoplay Media Studio
|
16
|
Final Test
|
6.
Evaluasi Hasil Belajar :
Nilai akhir semester memuat komponen sebagai berikut
a.
Tugas mingguan : 30 %
b.
UTS : 25 %
c.
UAS + final Project : 45 %
7.
Daftar literature/ referensi
- Graham, Davies. 2007. CALL (computer assisted language learning) Guide to Good Practice 3". http://www.yarasystem.ir/index.html?www.llas.ac.uk&resources&goodpracticeaspx&resourceid=61. Retrieved 2009
- Dudeney Gavin,2007.How to teach English With Technology, Longman: Edinburgh
- Mark, Warschauer. An Introduction to Computer Assisted Language Learning http://www.ict4lt.org/en/warschauer.htm. Retrieved 2010
- Marriott, Rita de Cassia Veiga and Patricia Lupion Torres. 2008. Handbook of research on e-learning methodologies for language acquisition. Hershey: New York
- Software pendukung dan file Help : Movie maker, Hot Potatoes, wondershare.
- Tutorial software Hot Potatoes, dan wondershare, http://www.youtube.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar