Buku QAR: Enhancing Comprehension and Test-Taking Across Grades karya Taffy E. Raphael, diterbitkan pada tahun 1986 oleh The Reading Teacher, memperkenalkan konsep Question-Answer Relationships (QAR) sebagai strategi membaca yang dirancang untuk membantu siswa dalam memahami teks dan menjawab pertanyaan dengan lebih efektif.
Dalam buku ini, Raphael menjelaskan empat jenis hubungan pertanyaan dan jawaban yang berbeda:
1. Right There: Jawaban langsung ada di dalam teks, sering ditemukan di satu kalimat. Misalnya, di halaman 45, penulis memberikan contoh sederhana bagaimana siswa dapat menemukan informasi secara langsung di dalam teks.
2. Think and Search: Jawaban perlu dicari di beberapa bagian teks dan digabungkan. Di halaman 52, Raphael menekankan pentingnya menghubungkan ide-ide dalam beberapa paragraf untuk menemukan jawaban yang benar.
3. Author and You: Jawaban membutuhkan interpretasi dari teks dan menggabungkannya dengan pengetahuan atau pengalaman pembaca. Pada halaman 60, Raphael menguraikan bagaimana siswa bisa menggunakan penalaran mereka sendiri untuk menjawab pertanyaan jenis ini.
4. On Your Own: Pertanyaan tidak bergantung langsung pada teks, tetapi lebih menuntut siswa untuk menggunakan pengalaman pribadi atau pemikiran kritis mereka, seperti dijelaskan pada halaman 66.
Tujuan utama metode QAR adalah untuk membantu siswa mengidentifikasi jenis pertanyaan yang dihadapi dan menggunakan strategi yang tepat untuk menjawabnya. Buku ini banyak digunakan oleh guru dan pendidik untuk meningkatkan pemahaman membaca dan keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya dalam menghadapi ujian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar